Ketimun Punya Khasiat Buat Kesehatan

tanamanhidupkita.blogspot.com

Ketimun adalah jenis sayuran yang mudah di dapatkan sehingga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita sebab mentimun hampir setiap hari di konsumsinya baik secara olahan maupun di buat lalapan.

Ketimun adalah termasuk tanaman seperti keluarga labu, semangka ( Cucurbitaceae), kandungan yang ada pada mentimun sama dengan yang ada pada semangka sebagian besar kandunganya adalah 95% air.
Jadi kita dengan mengkonsumsi ketimun dan semangka pada waktu siang hari dapat membantu tubuh tetap terhirasi.

Demikian pula proses mengkonsumsi ketimun tidak melalui peroses pemanasan jadi di konsumsi dengan mentah sebagai lalapan.


Kandungan gizi dalam mentimun

Ketimun terdiri dari 95% kandungan air secara alami rendah kalori, lemak, kolesterol dan sodium.
Menurut USDA National Database Gizi 1cangkir irisan mentimun dengan kulitnya mengandung 119g :

  • 115g Air.
  • 16 Kalori.
  • 0,8g Protein.
  • 0,2g Lemak.
  • 2,9g Karbihidrat dantermasuk 0,9g serat dan 1,8g gula.
Dalam segelas irisan ketimun ini mampu juga membutuhkan harian zat seperti 11% dari Vitamin K, 4% Vitamin C, kalium dan magan dan 2% dari Vitamin A , thiamin, riboflavin, B-6 polat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga.

Ketimun Untuk Kesehatan

Manpaat ketimun sangatlah beragam bagi kesehatan, dengan mengkonsumsi ketimun akan menambah asupan zat yang penting untuk tubuh.

Inilah manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh:

1. Melindungi otak

Dalam zat yang terkandung dalam mentimun yang bernama flavanol (fisetin) yang memberikan manfaat bagi peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf dari penurunan pungsi otak sejalan dengan usia.
Dalam kandungan senyawa fisetin memberikan perlindungan secara progresif terhadap ganguan Alzheimer.

2. Antioksidan 

Ketimun sangat kaya berbagai dengan Antioksidan juga terdiri dari :
  
  • Flavonoid 
  • Quercetin
  • Apigenin
  • Luteolin
  • Kaemfperol
  • Termasuk Vitamin C dan beta karoten.
Antioksidan mampu melawan gejala kangker dan menurunkan resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.

3. Menjaga asupan air ke tubuh

Ketimun mengandung kadar air sekitar 95% dan air dalam mentimun sangatlah baik dibanding air biasa, dengan mengkonsumsi ketimun anda dapat terhindar dari dehedrasi dan menetralkan toksin dalam tubuh.

4. Ketimun sangat baik untuk kesehatan gusi.

Bila anda mengunyah ketimun  dapat merangsang kelenjar air liur memproduksi lebih banyk dan dapat mengurangi zat asam pada rongga mulut dan bakteri dalam rongga mulut.

5. Untuk kesehatan pencernaan.

Pada mentimun terdapat dua komposisi dasar yaitu air dan serat, dengan kandungan ini berpungsi membersihkan usus dari racun.
Dalam kulit mentimun mengandung serat larut yang berpungsi untuk membantu makanan bergerak menuju saluran pencernaan yang cepat menuju pencernaan sehat.

6.  Dengan mentimun menjadikan berat badan ideal dan sehat.

Mentimun memang rendah kalori dalam satu gelas irisan mentimun terdapat 16 kalori. 
Mentimun mengandung 8 serat larut dan membentuk tektur gel dalam usus anda, dan akan memperlambat pencernaan dalam usus jadi rasa kenyang terasa lebih lama.

7.  Membantu menghilangkan rematik dan asam urat

Dalam mentimun mengandung senyawa Vitamin A, B, Folat, Kalium dan Magnesium kandungan ini berpungsi meredakan gejala rematik dan asam urat. 
   
 8.  Menyehatkan jantung

Kandungan dalam jus mentimun  berupa kalium, magnesium, dan serat sangat baik untuk di konsumsi bagi penderita darah tinggi ataupun rendah. Didalam tubuh memang perlu keseimbangan kalium di dalam maupun di luar sel-sel yang sangat diperlukan oleh tubuh guna untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

 
 Mentimun untuk merawat kecantikan

Ketimun sangat diprlukan oleh para wanita untuk merawat kecantikan mereka, berikut manfaat ketimun untuk merawat kecantikan :


9.  Menghilangkan lingkaran hitam pada mata

Kandungan jat silika yang terkandung dalam mentimun akan membantu peremajaan kulit pada sekitar mata, caranya cukup kompreskan potongan ketimun pada mata.

10. Mengurangi bintik hitam

Ketimun bisa digunakan sebagai tonik alami dan parutan ketimun bisa menghilangkan bintik hitam pada wajah dengan cara melulurkan parutan ketimun di sekujur wajah dan leher, bintik hitam di akibatkan paparan sinar matahari yang berlebihan.

11. Menghilangkan kerutan pada kulit

Ketimun mengandung air yang sangat banyak sehinga memberikan kesegaran dan melembabkan kulit, dengan parutan ketimun cukup di lulurkan pada bagian sekujur tubuh.
Untuk mencukupi nutrisi yang maksimal konsumsi sayuran buah-buahan secara rutin, sampai di sini postingan kali ini sampai ketemu di artikel yang lainya.
 

    Choose :
  • OR
  • To comment
1 comment:
Write Comments
  1. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :) :* :*

    ReplyDelete