25 Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan Tubuh

tanamanhidupkita.blogspot.com

Tanaman pala adalah tanaman rempah yang terkenal di wilayah  Indonesia, bahkan sampai ke manca negara.
Bukan hanya untuk bumbu pala juga bisa diambil manfaatnya untuk pengobatan teradisional, tanaman pala berasal dari daerah Banda, Maluku.
Pala mempunyai komoditi perdagangan yang sangat terkenal  sejak masa-masa Romawi dan sekarang ini pala menjadi komoditi ekspor yang baik di perdagangan rempah-rempah .

Tanaman pala tegak lurus menjulang dahan ranting tersusun rapi daun bebentuk elips lonjong tipis sedangkan buahnya adalah deperti jeruk lemon.
Pala berbuah sepanjang tahun dan bila buah sudah tua terbuka di bagian unjung buahnya, warna pala yang sudah tua kekuningan.

Dalam pengolahan buah pala adalah di kupas di keluarkan biji dari kulitnya dan kemudian di jemur sampai benar- benar kering.
Buah pala mempunyai aroma khas dan kulitnya bisa di manfaatkan untuk di jadikan manisan yang sangat terkenal dan sangat menyehatkan.








Dalam biji pala mengandung senyawa minyak Atshiri  7-14%  bubuk pala bisa di gunakan sebagai penyedap kue seperti puding, roti, dan saus sayuran juga minuman segar.
Minyak pala dapat pula di gunakan untuk tambahan bahan cosmetik seperti parpum dan sabun juga jenis cosmetik yang lainya.




Manfaat buah pala untuk kesehatan dan kecantikan

1.  Menghilangkan Insomia
Bila anda mengalami masalah dalam tidur anda seperti susah tidur anda bisa mengambil dari manfaat buah pala dengan cara:
Pertama campur satu sendok teh bubuk pala , 1 gelas  susu segar  1 sendok teh madu ditambah gula batu secukupnya, kemudian panaskan susu dan campurkan bahan-bahan yang di sebutkan di atas biarkan susu sampai mendidih dan saring minum selagi hangat.

2.  Untuk Menghilangkan Masuk Angin.
Bila anda terserang masuk angin anda bisa memanfaatkan buah pala untuk mengatasinya, buah pala sangat kaya dengan kandungan Atsiri sama dengan dalam kandungan jahe, oleh karena itu memarkan dua biji buah pala dan kemudian panaskan dalam 2gelas air tunggu sampai air tersisa 1 gelas kemudian saring dan minum hangat-hangat.
 
3.  Meredakan Asam Lambung

Dalam kandungan senyawa buah pala terkandung zat saponin  yang mampu membantu meredakan dan menurunkan asam lambung anda dan cara mengambil manfaatnya adalah :

  • Siapkan 1ml air hangat.
  • Campurkan satu sendok teh bubuk pala.
  • Campurkan dua senokteh pisng batu yang sudah di haluskan.
Aduk tiga bahan di atas sampai rata dan di minum selagi hangat.

4.  Menambah Napsu Makan

Dari kandungan Enzim Lipase yang bermanfaat untuk merangsang napsu makan anda, juga bila mana dalam anggota keluarga anda atau anak anda kehilangan selera makan  solusinya memberikan seduhan bubuk buah pala caranya adalah :

Siapkan airpanas setengah gelas dan bubuhkan satu sendok teh bubuk buah pala kemudian aduk sampai rata dan minum selagi hangat.

5.  Melancarkan Pencernaan
  
Selain untuk menambah napsu makan Enzim Lipase juga bisa membantu melancarkan proses pencernaan anda, untuk pengambilan manfaatnya untuk pencernaan cukup seduh setengah sendok teh bubuk buah pala dan di minum sebelum makan.

6.  Mengatasi Muntah

Buah pala bisa di manfaatkan untuk menghilangkan mual dan muntah, dari kandungan Enjim Antiemetik yang sangat epektif untuk membantu menghilangkannya.
Manfaat di atas juga bisa digunakan dalam prtjalanan jauh anda seperti mabuk kendaraan.

7.  Menghilangkan Nyeri Pada Waktu Datang Bulan.

Dari sipat Antiemetik juga dapat menghilangkan rasa sakit pada waktu datang bulan dan pengambilan manfaatnya bisa anda lakukan dengan cara :

  •   Siapkan 1/2 sendok teh bubuk pala.
  •   Kedua siapkan kunyit 2cm dan di haluskan.
  •   Siapkan 6 butir ketumbar di haluskan 
  •   6  butir cengkeh di memarkan.
  •   1gelas air.
Untuk cara pengolahanya adalah :

Rebus dari semua bahan di atas sampai trsisa setengahnya dan kemudian saring kemudian minum selagi hangat.

8.  Menghilangkan rasa sakit

Dari kandungan zat Mentol dari buah pala bisa membantu menetralisir rasa sakit dalam tubuh anda, baik pada skit yang di akibatkan cidera, luka, atau radan kronis.

9.  Menyehatkan otak

Manfaat buah pala sangat beragam juga termasuk untuk kesehatan otak, dari kandungan Miristin yang terkandung dalam buah pala dapat membantu memperbaiki saraf ke otak sehingga bisa terhidar dari gejala yang bisa menggangu daya kerja otak.

10.  Menjaga Kesehatan Mulut

Dari kandungan minyak atshiri dapat membantu menghilangkan bau mulut juga neningkatkan kekebalan gusi dan menjaga kesehatan gigi anda.
Dengan seduhan bubuk buah pala dan di gunakan untik sebagai obat kumur itu solusi terbaik kesehatan gigi anda.

 
11.  Menyehatkan Kulit

Daeri kandungan aenyawa Zat secolopetin yang berpungsi menhilangkan peradangan-peradangan pada kulit anda, zat yang terkandung di atas banyak bermanfaat untuk kesehatan kulit lainya.
Cara pengolahan buah pala untuk kesehatan kulit adalah:

  • Menghaluskan buah pala dengan membelendernya dan  campur dengan air dan madu.
  • Balurkan pada kulit yang ada bekas luka seperti luka bakar yang meninggalkan bekas.
  • Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.
12. Melancarkan Peredaran Darah.

Buah pala juga dapat melancarkan peredaran darah pada tubuh, dikarnakan dalam buah pala mengandung Zat Kalium yang membantu peregangan di pembuluh darah. Jika pembuluh darah meregan maka darahpun akan berjalan dengan lancar.
Pungsi kalium adalah :
  • Pungsi kalium adalah membantu peregangan pembuluh darah yang ada di seluruh tubuh.
  • Bukan hanya aliran darah yang lancar juga oksigen pun mudah di alirkan ke seluruh tubuh.
  • Kalium juga berpungsi membantu penyerapan nutrisi dari makanan yang di cerna sehingga dengan nutrisi yang mudah di serap tubuhpun akan menjadi semakin sehat.
13.  Menormalkan Tekanan Darah.

Buah pala sangat bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah, dengan kandungan Mineral dan Kalium dari buah pala dapat meregangkan pembuluh darah sehingga peredaran darah akan lancar dan tekanan darah dalam tubuhpun akan setabil dalam diri seseorang.


14.  Membuat tulang sehat

Buah pala sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang, dari dalam kandungan kalsium di dalam buah pala dapat membantu saraf dalam tulang menjadi sehat dan mejaga tulang dari pengeroposan.

15.  Meningkatkan Sistem Imun Tubuh.

Di sarankan untuk mengkonsumsi buah pala secara rutin, sebab dalam buah pala kaya dengan Vitamin C dari kandungan Vitaamin C dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh seseorang.

16.  Mencegah Anemia

Dengan kandungan Zat Besi dalam kandungan buah pala dapat membantu memperbaiki sel-sel darah merah dalam tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya Anemia.

17.  Mencegah Diabets

Dengan penemuan terbaru  Fakta senyawa kimia yang terkandung pada buah pala bernama Macelignan untuk pembuatan obat anti diabets. Senyawa kimia ini bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darag dalam tubuh, dan mencegah komplikasi yang di hasilkan dari penyakit diabets.

18.  Menangkal Radikal bebas

Buah pala juga dapat bermanfaat untuk melindungi anda dari radikal bebas, sebab buah pala mengandung Antioksidan untuk perlindungan tubuh anda.

19.  Menciptakan Mata sehat.

Buah pala bisa di manfaatkan untukkesehatan mata, di karenakan dalam buah pala terkandung senyawa Vitamin A yang dapat membantu menyehatkan dan menjernihkan mata anda.

20.  Untuk Menciptakan Energi Tubuh anda

Buah pala juga dapat membantu menciptakan energi dalam tubuh anda, dikarnakan dalam buah pala banyak terkandung berbagai macam senyawa yang dapat menghasilkan energi dalam tubuh anda.

21.  Menghilangkan setres

Dengan mengkonsumsi ektrak buah pala dapat membantu menghilangkan setres anda, dikarenakan dalam biji buah pala terkandung senyawa Miristisin yang dapat membantu menghambat protein monoamine oksidase yang menjadi penyebab terjadinya setres.

22.  Mengobati inflensa

Terjadinya inflensa adalah dikarenakan penyebaran sebuah virus yang ada di sekitar kita, inflensa dapat di atasi dengan ekstrak buah pala
Hal itu dikarenakan dalam buah pala terkandung senyawa Asam oleanolat  dan zat tersebut yang terkandung dalam makanan dan minuman.
Asam tersebut tidak beracun dan bersifat anti virus dan virus inflenza pun bisa di hilangkan.

23.  Mengobati hepatitis

Banyak penyakit yang bisa di atasi dengan kandungan ekstak buah pala, dengan senyawa asam oleanolat bisa melindungi hati dan juga bersipat anti virus sehingga virus hepatitis pun segera di atasi dan hati bisa lebih terjaga kesehatanya.

24.  Melindungi Anda Dari Rematik 

Untuk pengobatan rematik yang bisa di ambil manfaatnya dari buah pala adalah:
Siapkan bubuk buah pala kemudian masukan bubuk buah pala dalam wadah berikan sedikit air dan balurkan pada bagian tubuh yang terkena rematik, lakukan setiap hari sampai rematik anda hilang.

 
25. Menghilangkan Bau Badan

Manfaat buah pala juga dapat di gunakan untuk menghilangkan bau badan juga bau mulut, sebab kandungan limonene yang ada dalam buah pala bisa menghilangkan bau mulut dan bau badan .
 

Salam sehat bersama manfaat buah pala sampai jumpa di postingan yang lainya.

    Choose :
  • OR
  • To comment
2 comments:
Write Comments
  1. numpang share ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  2. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :) :* :*

    ReplyDelete