Manfaat Dari Sereh Wangi Untuk Pengobatan Dan Kesehatan

tanamanhidupkita.blogspot.com

Tanaman sereh wangi sering di jumpai di daerah kita hususnya di asia, sereh  wangi mempunyai peran penting dalam penghasil atsiri sebagai untuk pengobatan berbagai macam penyakit.
Sereh wangi memiliki bahasa latin Cyimbopogonnardus L serta memiliki sebutan yang lain seperti hisa-hisa di Ambon, Sere di jawa, Sare di Makasar, dan juga see di Ambon tanaman yang termasuk suku rumput ini berbeda dengan sere biasanya dan banyak manfaatnya untuk di jadikan alternatif.


Tanaman serseh wangi bisa tumbuh di beberapa daerah di indonesia seperti di Ujung Pandang, solo, Palembang, Tasik Malaya, Bandung dan di beberapa daerah yang lainnya.






Kandungan Sereh Wangi

Didalam kandungan sereh wangi memiliki senyawa  seperti Erpinol, Sitronelal, Borneol, Terpinen -4-ol, A-terpineol, geraniol, Farnesol, Metilheptenol, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, granilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta elmen, beta kariofilen, beta bergamoten, trans -metilsoeugenol, beta kadinen, elemol, kariofilen oksida, sitrat, sitroneol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen dan beberapa kandungan yang lainya.

Kegunaan dan manfaat sereh wangi
Beberapa manfaat yang di ambil dari sereh wangi biasanya di ambil dari akarnya yang bermanfaat untuk peluruh keringat, sebagai obat batuk, kumur dan sebagainya.
Sedangkan bagian dari daun bisa di manfaatkan sebagai obat penambah napsu makan , meredakan kejang, menurunkan panas, mengeluarkan angin di area perut dan beberapa kegunaan yang lainya untuk lebih lengkapnya saya akan jelaskan satu persatu berikut ini:

1. Mengusir serangga




Kandungan dalam sereh wangi memiliki zat pengusir serangga bahkan di Amerika Serikat menyatakan bahwa minyak dari sereh wangi adalah pengusir serangga yang sangat baik.
Serangga yang bisa di usir oleh sereh wangi adalah nyamuk aedes aigypti salah satu nyamuk penyebar pirus demam berdarah.
Cara penggunaanya adalah cukup oleskan minyak sereh wangi setiap satu jam satu kali.

2. Meredakan nyeri

Minyak sereh wangi mempunyai kemanfaatan sebagai penghilang rasa sakit, dan cara penggunaannya adalah cukup di oleskan pada bagian badan yang sakit dengan di campur minyak kelapa.

3. Mengurangi setres

Sereh wangi bisa menenangkan rasa setres anda dan juga bisa membantu menyenyakan di saat tidur malam anda. Untuk cara penggunaanya adalah dengan di oleskan pada tubuh anda dengan di gunakan obat urut atau bisa juga di semprotkan pada tempat tidur anda

4. Memperbaiki sistem pencernaan anda




Sereh wangi mampu mencegah tumbuhnya bakteri dalam pencernaan anda dan juga sangay ampuh untuk penyembuhan luka lebih cepat.
Ramuan sereh wangi dibentuk sebagai minyak manmpu membantu membunuh organisme seperti cacing dan parasit pada usus besar maupun usus kecil.
Anda bisa mengkonsumsi minyak sereh wangi dengan 3 tetes minyak sereh wangi dimasukan kedalam air hangat dan di minum, dan juga manfaat lain dari minum minyak sereh wangi mampu memberikan perlindungan saluran pencernaan dan untuk kesehatan usus.

5. Memperlancar detoksifikasi

Sereh wangi mempunyai sifat agen diaphoretic merangsang keringat atau agen duretic atau merangsang kemih.
Sereh wangi mempunyai manfaat mengeluarkan racun dari keringat dan dari pembuangan urine, dengan cara menambahkan beberapa tetes minyak sereh wangi ke dalam air hangat dengan di campur madu kemudian di minum.

6.  Pengharum alami

Ciri khas keharuman dari sereh wangi memiliki keharuman alami  seperti lemon dan citronella sebagai bahan dasar membuat sabun, parpum dupa lilin dan juga pewangi kosmetik.
Berbagai bau tidak sedap seperti di lemari es di ruangan rumah, juga di kamar mandi bisa hilang hanya melarutkan beberapa tetes minyak sereh wangi ke dalam air dan lalu disemprotkan.

7. Melemaskan otot

 
 

Minyak sereh wangi punya manpaat untuk melancarkan peredaran darah  serta mampu mengatasi terjadinya kejang otot, kram, nyeri dan juga terjadi pembengkakan.
Pijatkan minyak sereh wangi dengan di campur dengan minyak kelapa pada bagian otot yang sakit atau ke area perut untuk meredakan menstruasi.



8. Membersihkan dapur

Kandungan minyak sereh wangi memiliki anti bakteri sehingga minyak tersebut bisa digunakan untuk membersihkan dapur dan menghilangkan bau tak sedap di sekeliling dapur juga kamar mandi.

 9. Meningkatkan proses penyembuhan luka

Minyak sereh wangi sangat baik untuk mempercepat penyembuhan luka seperti luka bakar luka akibat irisan dan juka kemanfaatan lain adalah bisa menyembuhkan jerawat, kutil , dan bisul dengan cepat.


10  Merawat kecantikan dan menghambat penuaan dini

Dalam kandungn senyawa minyak sereh wangi salah satunya bisa menyembuhkan dernatitis, menghambat penuaan dini, mengobati eksim, menyembuhkan jamur kulit juga dapat menyembuhkan penyakit kulit lainya.


11. Condisioner alami

Untuk kesehatan rambut dari zat alami yang membuat rambut anda lembut dan sehat ,hal itu minyak sereh wangi digunakan sebagai condisioner rambut, membersihkan rambut, dan untuk kesehatan kulit kepala sehingga peredaran darah di kepala menjadi lancar.


12. Sebagai Antiseptik alami

Ekstak sereh wangi memiliki anti jamur, anti mikroba, jadi minyak sereh wangi bisa di sebutkan sebagai anti septik alami yang sangat kuat, kemanfaatanya bisa menyembuhkan memar dari benturan mempercepat penyembuhan luka, dan bila anda memiliki luka oleskan saja ektra sereh wangi ke bagian yang luka.


13. Menghilangkan bau badan

Minyak sereh wangi untuk menghilangkan bau badan dengan meneteskan ekrak sereh wangi ke dalam air dan di gunakan untuk mandi sehingga badan terasa segar dan harum.


14. Mengencangkan pori kulit

Dalam perawatan kulit anda bisa gunakan minyak sereh wangi, dengan minyak tersebut anda dengan mengoleskan minyak sereh wangi di percaya dapat mengencangkan pori kulit, memperbaiki warna kulit, juga dalam perawatan kulit lainya.


 15. Anti inflamasi

Dalam kandungan Ektrak sereh wangi memiliki sipat menenang pada radang yang berkaitan dengan perut, hati, serta usus dan beberapa pencernaan yang lainya. Radang yang di sebabkan karena efek samping mengkonsumsi alkohol atau obat obatan terlarang serta makanan pedas bisa di atasi oleh minyak sereh wangi ini.

16. Fungisida

Jamur juga bisa di basmi dengan menggunakan sereh wanngi sekaligus menghambat pertumbuhan dari jamur tersebut seperti infeksi jamur pada telinga yang umum terjadi.

17. Menenangkan hewan peliharaan

Bagi anda yang memelihara hewan peliharaan yang telalu aktif dan berisik bisa menggunakan tetesan minyak sereh wangi untuk menenangkanya, juga manfaat lainya buat hewan peliharaan anda sereh wangi bisa dugunakan untuk mengusir kutu di tubuhnya sekaligus menyembuhkan infeksi pada hewan peliharaan anda.

Dalam penggunaan minyak sereh wangi bisa anda gunakan manfaatnya dalam kehidupan sehari hari,selain itu sereh wangi bisa mengatasi masalah masalah yang kita dadapi.
Gunakan penggunaan minyak sereh wangi yang tidak berlebihan supaya manfaat yang di dapatkan lebih maksimal tanpa menimbulkan adanya efek samping.

   

    Choose :
  • OR
  • To comment
1 comment:
Write Comments
  1. numpang share ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete