Ternak Ayam Broiler Sehat Dan Berbobot

Di bidang bisnis memang perlu kita tingkatkan dalam peninkatanya harus melakukan usaha dengan pembelajaran bagai mana cara dan teknik untuk mendapatkan hasil yang di inginkan
Untuk meningkatkan usaha, saya akan mengajak anda untuk mencari penghasilan di bidang peternakan ayam broiler, yang marak di kerjakan sebagian masyarakat di sekeliling kita ,sebelum melangkah lebih jauh yang perlu kita siapkn adalah letak kandang yang memang penting kita perhitungkan  dimana penyinaran sinar matahari sebaiknya minimal 6 jam tersinari matahari, suhu harus setabil jangan terlalu dingin sebab suhu dingin kurang baik untuk kesehatan ayam., perputaran angin harus berjalan supaya pergantian udara dalam kandang normal,bisa menggunakan bantuan alat blower.

Selain letak kesetrategisan kandang juga kita prinsip perkilogram daging dengan modal seepesien mungkin, sebab hampir 80% produksi ditentukan oleh biyaya pakan, maka pengunaan pakan adalah salah satu kunci keberhasilan pembudidayaan ayam broiler.



                 









Di atas contoh sirkulasi udara dengan bantuan blower.

Perinsip penggunaan pakan.

Perinsip kita yang perlu di utamakan bagai mana supaya napsu makan ayam bertambah sebab makin banyak makan pertumbuhan ayampun semakin cepat dan bobot makin bertambah. Pertumbuhan ayam yang baik maka pemakiyan modal pakan pun akan lebih hemat contoh berat ayan 1kg setandardicapai umur ayam 25 hari jadi umur 35 hari bisa mencapai 1,8kg.

Perhitungan daging dari 1karung pakan.



Daging yang dihasilkan
tiap 1 sak pakan (kg)

Kategori
> 33 Sangat bagus
32 – 33 Bagus
30 – 31 Sedang
28 – 29 Jelek
< 28 Sangat jelek

Pemanasan kandang dimulai dari umur doc 0 hari sampai 20 hari dan bila cuaca tidak memungkinkan bisa dilakukan pemanasan ulang.
Jadwal pemberian pakan harus dilakukan sesuai waktu yang di tentukan kalu pagi dilakukan jam delapan dan sore hari jam tiga dan seterusnya untuk menjaga kesetabilan pola makan ayam dan menghindari pakan yang terbuang siasia.


Berikanlah penerangan yang cukup untuk memudahkan penglihatan ayam dalam makan di malam hari, berikan jarak ideal tempat makanan dengan tempat minum, dan berikan jarak yang tepat dari tempat makan ke tempat makan.

Tutupdengan terpal dinding kandang untuk menjaga dingin di malam hari.


Kebersihan kandang tetap kita perhatikan seperti pencucian tempat pakan di usahakan dengan air yang mengalir atau air yang disalurkan melalaui keran. Bila seandainya pencucian di tempat boks atau di celupin ke jolang sangat kurang baik sebab penyebaran virus pun mungkin terjadi.

Usahakan pengambilan sumber air minum ayam dari yang bersih, untuk menghindari bibit penyakit yang ikut dengan air.

Pencegahan penyakit:

Gunakan tanaman jamu teradisional untuk membantu pencegahan penyakit yang menyerang sang ayam seperti:
- Temulawak ( koneng gede ) 1kg
-Kunyit.  1kg                                   -Gula pasir 1kg
-Bawang merah. 1kg                       
-Bawang putih.1kg
-Buah mengkudu. secukupnya
-Kayumanis kira kira 1/2 kg

 Bahan bahan di atas di tumbuk dan di campur dan di masukin kedalam ember besar yang tertutup dan di berikan air perhitungan di atas 20 liter air.
Biarkan tiga hari untuk dilakukan permentasi dan dosis diberikan untuk di campur ke air minum ayam 1gelas untuk 20 liter air.

Ramuan tadi di atas untuk pencegahan ND atau masalah pencernaan lainya, dan untuk menetralisir bau dari kotoran ayam.



 Ayam siap di jual setelah umur ayam broiler empat puluh hari, dan semoga mendapatkan hasil yang baik dari ulasan sederhana di atas.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write Comments