Cara Pembudidayaan Cabe Merah

tanamanhidupkita.blogspot.com

Pembudidayaan cabe memang perlu di tingkatkan, kekurangan pasokan cabe dipasaran mendongkrak para petani cabe agar mendapatkan hasil yang melimpah dan memuaskan.

Dalam pertanian tanaman cabe banyak hal yang perlu di perhatikan dari mulai area lokasi penanaman, pengolahan media tanah sampai persiapan bibit yang memadai.

Cabe adalah tanaman bumbu yang sangat penting, tanpa cabae masakan kurang sedap, untuk itu cabe adalah bumbu pokok di kalangan kuliner- kuliner di seluruh dunia.

Tanaman cabe hidup di tanah yang gembur dan membutuhkan sinar matahari kurang lebih delapan jam sehari.



Tanaman cabe punya banyak jenis seperti cabe rawit, cabe keriting, cabe merah besar.
Penanaman cabe bisa dilakukan dengan cara di pekarangan dengan memakai polybag juga bisa di tanam langsung di pekarangan.

Berikut ini saya akan memberikan cara penanaman cabe agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Yang pelu kita siapkan adalah pengolahan media tanah dengan melakukan pengemburan dengan cara di cangkul dan di bentuk pematang untuk menghindari genangan air hujan yang berlebihan.

Pembentukan saluran air untuk melancarkan sirkulasi genangan air bila terjadi curah hujan tinggi.
Melakukan pengapuran untuk mencegah hama - hama pengerat yang nantinya akan menggau pertumbuhan akar cabe dalam tanah.

Pembuatan lobang sepanjang pematang guna untuk pemberian pupuk kandang sebagi pupuk awal dan biarkan terbuka untuk beberapa hari untuk sirkulasi pupuk dengan tanah, lakukan penyiraman untuk membantu penguraiyan dan pembentukan pupuk kompos sempurna.

Setelah beberapa hari, dan penguraiyan pupuk kandang sudah cukup, lakukan penutupan dengan tanah yang genbur dan siap untuk di tutup dengan pelastik mulsa  sesuai dengan ukuran panjang lahan.

                                                             
                                                                Lahan di tutupi mulsa


Lakukan pembuatan lobang dengan jarak 50 x 60 cm jarak ini merupakan jarak ideal untuk penanman cabai biarkan selama satu minggu sebelum di tanami bibit.



                                                                     Jarak Lobang

Pemilihan bibit cabe yang baik

Dalam penanaman cabai di perlukan pemilihan bibit yang berkualitas, biji cabai rendam dengan air hangat selama satu malam kemudian tiriskan di kaen yang basah untuk proses pengecambahan, kemudian siapkan polybag untuk penanaman biji cabe tahap awal sebelum di pindahkan ke kebun.

Tanah yang di gunakan di campur dengan pupuk 3 . 1. Tanam biji cabe dengan kedalaman 1cm dan tutup tipis -tipis biarkan dan rawat bibit cabe selama 30 hari sebelum di pindah ke kebun, siram dengan teratur pagi dan sorehari.

Pemindahan bibit cabe

Setelah 30 hari bibit cabe sudah waktunya pemindahan ke tempat yang sudah di sediakan, dan pemindahan dilakukan pada pagi dan sorehari ,bermaksud untuk menghindari terik matahari terlalu panas agar bibit tidak layu.

Perawatan tanaman cabai.

Penanaman cabai dari awal penanaman harus dilakukan dengan baik pertumbuhan cabai harus benar benar di perhatikan.
Penanggulangan hama harus di lakukn.  Baca di  Penanggulangan Hama Cabai .

Penyiraman harus tetap dilakukan penyiangan dari rumput liar yang tumbuh di sela sela pohon cabe perlu di perhatikan sebab akan mengganggu tingkat pertumbuhan tanaman cabai.

Setelah cabe mulai tunmbuh besar penyanggaan pohon cabe di buat dengan  bilahan bambu bermaksud menjaga pohon cabe tetap berdiri kokoh dari hujan dan angin.




Penyemprotan pupuk daun dan penanggulangan hama untuk mencapai buah yang baik, lakukan pula penyemprotan perangsang buah yang banyak di jual di toko pertanian, banyak jenis perangsang yang bersipat organik.

Persiapan panen

Pilih buah yang termasuk kriteria panen.
Anda bisa melakukan panen dengan memetik dengan tangkainya, tujuanya agar cabe tetap segar dalam waktu lama.
Dalam pemetikan cabai harus hati - hati pakailah gunting agar tidak merusak batang cabai.


Nah itulah tentang Penanaman  cabai semoga bermanpaat, dan terimakasih atas kunjunganya.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write Comments