Cara Penanggulangan Hama Padi Sawah

tanamanhidupkita.blogspot.com

Padi adalah tanaman yang biasa di tanam di sawah, dalam pembudidayaan tanaman padi perlu dilakukan berbagai macam setrategi, baik setrategi arealokasi, pengolahan tanah, pembibitan, pemupukan, penyiangan, dan penanggulangan hama.




Dalam pertanian padi di sawah tidak terlepas dari hambatan dan permasalahan-permasalahan yang harus segera ditangani seperti pengendalian hama.
Dalam pengendalian hama kalau terlambat akan membawa epek mengurangi penghasilan panen padi ke depan.

Ada beberapa hama padi yang sering kita temui dari mulai tanam sampai panen di antaranya:



1.  Pengendalian Hama Wereng

Wereng hama yang sangat sulit di kendalikan, dalam pengendalian hama wereng harus di lakukan dengan penyemprotan terpadu.
Ada beberapa jenis hama wereng yaitu wereng coklat, wereng putih, dan juga wereng hijau, wereng menyerang tanaman padi dengan cara mengisap cairan yang ada dalam tanaman padi juga dapat menularkan pirus pada tanaman.
Wereng menyerang padi menjadi kering dan hitam seperti terbakar atau pertumbuhan menjadi kerdil. Untuk pengendalianya dengan cara di semprot dengan insektisida beauveria bassiana.
Bila pengendalian sudah tidak bisa dilakukan maka harus memusnahkan tanaman padi dengan melakukan pembakaran, dan untuk penanaman kembali harus menunggu populasi wereng habis, baru penanaman bisa dilakukan.



2.  Pengendalian Hama Keong Mas

Hama keong menyerang pada masa vegetatip dan di waktu masa penanaman, hama keong memangsa tanaman padi biasanya pada malam hari dengan cara memarut jaringan padi.

Untuk pengendalianya dilakukan dengan cara mekanik dengan pengambilan telur dan pengambilan induk keong sendiri.
Selain itu pengendalianya bisa di lakukan membuat parit lebih dalam dan diberikan daun daunan seperti daun pepaya dan daun pisang diharapkan agar keong keong bisa berkumpul dan memudahkan untuk pengendalianya.




3.  Hama Penggerek Batang

Hama penggerek batang biasanya menyerang tanaman padi pada waktu padi mulai berbuah, tanaman padi di serang penggerek batang di tandai dengan pucuk mengering karena titik tumbuh batang di makan larpa penggerek batang.
Untuk pengendalianya bisa di lakukan dengan penyemprotan insektisida dengan membeli di toko pertanian atau menggunakan regen.




4.  Hama Walang Sengit


Hama walang sengit adalah hama padi yang menyerang pada wakytu butiran padi masak susu, walang sengit mengisap cairan padi dan butiran padi akan hampa kering kecoklatan sehingga hasil panen akan menjadi turun derastis.
Cara penanggulanganya dengan penyemprotan dengan insektisida dan dilakukan dengan selang tiga hari sekali, insektisida bisa di dapatkan di toko pertanian.

5.  Hama Tikus

Hama tikus menyerang padi pada malam hari, target serangan hama tikus adalah butiran padi dari mulai butiran susu sampai padi bisa di panen, bila di serang hama tikus para petani bisa gagal panen.
Untuk penanggulangan hama tikus bisa di lakukan denga memberi umpan dan di berikan racun, Dan yang lainya bisa dilakukan pengasapan peda sarang lobang persembunyianya.

6.  Hama Burung

Hama burung menyerang tanaman padi di sawah pada waktu pagi hari sekitar jam 06 sampai jam 11siang dan soreharinya sekitar jam 13.00 sampai jam 16 00.
Untuk penanggulanganya adalah:
- Dengan membuat orang orangan sawah
- Pasang tali yang mengeluarkan cahaya mengkilat sehingga pandangan burung kabur sehingga sang burung ttidak bisa mengarat.
- Pasang bekas kaset vcd dengan bagian yang mengkilatnya menghadap ke udara karena burug pipit sangat tidak suka dengan cahaya.
- Dengan pemasangan pita kaset di bentangkan ke sana kemari sehingga burung pipit merasa kebingungan.


 Sampai di sini trimakasih kunjunganya.


 

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write Comments